Informasi Seputar Blog dan Tutorial

Cara Submit Sitemaps Di Google Webmaster

Cara Submit Sitemaps Di Google Webmaster - Hai sobat AS! Diartikel kali ini saya akan membagikan tutorial cara submit sitemaps di webmaster google. Bukan hanya membuat sitemaps/daftar isi disitus atau blog tetapi kita juga harus membuat sitemap di search engine juga. Karena search engine yang populer dan paling banyak digunakan adalah google maka kita harus submit atau mendaftarkan sitemap kita ke googe. Namun sebelum lanjut anda harus sudah masuk dan mempunyai akun google webmaster terlebih dahulu.
Apa keuntungan dan fungsi dari kita submin sitemap situs?
Manfaatnya adalah kita tidak perlu lagi untuk submit url artikel supaya bisa diindex google. Karena kita sudah submit sitemap maka akan secara otomatis url situs kita akan didaftarkan supaya bisa diindex oleh google,namun jika anda ingin submit sitemap dan juga submit url artikel maka itu akan lebih bagus. Dengan kita submit sitemap di google artikel yang baru kita buat dan kita post maka akan lebih mudah untuk diindex mesin pencari.




Walaupun jika kita tidak submit sitemap dan url ,artikel kita masih bisa diindex tapi tidak akan seluruh artikel kita bisa dimasukkan/diindex oleh google. Untuk submit sitemap kita membutuhkan url atom situs dan juga url sitemap,tidak perlu panik dan bingung karena saya sudah menyediakan urlnya dibawah ini. Langsung saja berikut langkah-langkahnya :

Cara Submit Sitemaps Di Google Webmaster

Langkah 1
Silakan masuk ke dasbor google webmaster (link : https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en ) lalu pilih situs yang ingin di submit sitemap.
Langkah 2
Silakan klik Crawl (Perayapan) lalu Sitemaps (Daftar isi)

Langkah 3
Silakan klik Add/Test Sitemap yang berada dipojok kanan atas,lalu tambahkan link(silakan pilih salah satu link) dibawah dikotak yang ada,lalu klik Submit (Lihat gambar untuk kejelasan)
➤Link atom situs : /feeds/posts/default?redirect=false&max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
➤Link sitemap : /sitemap.xml

Selesai sitemap sudah disubmit ke google. Anda hanya tinggal menunggu supaya semua link artikel yang ada disitus disubmit ke google dan bisa diindex. Disana juga akan diperlihatkan data berapa link yang sudah disubmit dan diindex. Itulah tutorial cara submit sitemap ke google webmaster,semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat AS semua.

 

5 comments:

  1. mantap bro , makasih ya buat infonya ,, ini webmaster selain google apa lagi ya yg joss

    ReplyDelete
  2. Sangat diperlukan sekali cara ini, agar blog/situs kita terindex google. Trims sangat bagus pencerahannya

    ReplyDelete