Informasi Seputar Blog dan Tutorial

Cara Belajar Ngeblog Dari Awal Sampai Menghasilkan Uang [Panduan Lengkap]

Cara Belajar Ngeblog Dari Awal Sampai Menghasilkan Uang [Panduan Lengkap] - Ngeblog merupakan kegiatan menuangkan pikiran dalam bentuk artikel pada situs (Definisi menurut saya). Dalam ngeblog pasti kita memerlukan situs untuk menuangkan ide dan gagasan kita. Ngeblog merupakan hal yang susah-susah gampang,tergantung dari kita menjalaninya saja. Jika ngeblog digunakan sebagai hobi maka kita dapat ngeblog tanpa ada halangan apapun. Hobi ngeblog/bloging memang terdengar unik dan tidak biasa karena tidak semua orang bisa dan mau melakukannya. Diartikel ini kita akan belajar bersama tentang ngeblog dari A-Z dari awal sampai berpenghasilan.
Cara Belajar Ngeblog Dari Awal Sampai Menghasilkan Uang [Panduan Lengkap]

Dalam ngeblog hal-hal yang harus ada adalah koneksi internet dan juga media/alat untuk kita ngeblog(pc atau hp). Memang bisa ngeblog dengan hp? Tentu saja bisa,dan saya yakin bahwa hampir semua orang menggunakan hp android bukan java jadi anda bisa mendownload app blogger untuk ngeblog di hp. Untuk awal ngeblog kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli domain dan juga hosting karena kita akan memakai blogger.com.
Kenapa tidak memakai wordpress self host?
Memakai wordpress sangatlah sulit,walaupun memakai yang gratis. Jadi untuk permulaan kita lebih baik memakai blogger.com. Blogger sudah memberikan modal untuk kita dalam ngeblog,mulai dari domain dan juga hosting.

Sebelum membuat blog dan memulai ngeblog,sebaiknya anda menentukan niche blog anda. Sebaiknya dalam memilih niche blog harus sesuai dengan minat dan kesukaan anda,misal anda suka komputer,anda bisa membuat tutorial komputer,info komputer,dll, Marilah kita memulainya dengan membuat blog dengan blogger.Sebelum ngeblog anda harus memiliki tujuan terlebih dahulu. Jika tujuan dari ngeblog anda adalah untuk mencari penghasilan maka lebih baik anda tidak membuat blog sekarang daripada gagal kedepannya.




Kebanyakan para blogger baru dalam ngeblog hanya bertujuan karena ingin mendapatkan uang saja. Hal ini membuat mereka dalam ngeblog hanya berhenti di tengah jalan. Hal itu sudah terbukti dan saya juga pernah mengalaminya. Tapi jika anda serius ingin ngeblog maka anda bisa melanjutkan artikel berikut.

Langkah Pertama Ngeblog

1. Langkah Pertama
Silakan buka blogger.com lalu klik Buat Blog  ,setelah itu silakan pilih profil blog anda,bisa menggunakan profil G+ atau membuat profil baru blogger
 
2. Langkah Kedua

Silakan isikan nama dan alamat blog yang sobat inginkan,dan juga template yang ingin sobat gunakan.

Jika sudah lalu Klik Buat Blog

Cara Belajar Ngeblog Dari Awal Sampai Menghasilkan Uang [Panduan Lengkap]

Selesai blog sudah dibuat. Langkah selanjutnya adalah anda memilih template dan juga mulai membuat artikel yang unik dan berkualitas.




Supaya blog anda tampilannya tambah menarik anda harus memilih template blog anda. Supaya anda bisa memilih template apa yang bagus digunakan diblog,maka baca artikel berikut Tips Cara Memilih Template Yang Bagus Untuk Blog

Menulis dan Membuat Artikel Yang Menarik
Dalam membuat artikel anda harus membuat artikel yang menarik dan berkualitas sesuai dengan niche blog yang anda pilih. Buatlah artikel dengan minimal 200 kata,namun artikel yang baik dan bagus adalah artikel yang berisi 300 kata lebih. Buatlah judul yang menarik dan mengandung keyword yang sering/banyak dicari di mesin pencari.




Untuk 200 kata pertama diartikel anda harus memasukkan keyword yang paling banyak dicari di google. Supaya artikel anda bisa bersaing dengan blogger-blogger lain anda harus belajar SEO supaya artikel anda berada dipage ono mesin pencari. Dalam SEO yang harus anda perhatikan adalah template yang SEO Friendly untuk mendukung SEO blog anda lalu anda juga harus pandai dalam bermain keyword/menembak keyword sesuai dengan kata kunci yang dicari di mesin pencari.Jika artikel yang anda buat sudah cukup banyak langkah selanjutnya yaitu meningkatkan pengunjung.

Meningkatkan Pengunjung Blog
Cara Belajar Ngeblog Dari Awal Sampai Menghasilkan Uang [Panduan Lengkap]
Untuk meningkatkan pengunjung blog anda bisa melakukannya dengan cara membagikan artikel anda dimedia sosial,selain membagikan artikel dimedia sosial anda bisa melakukan blogwalking dengan sesama blogger lain untuk sama-sama meningkatkan visitor blog. Selain meningkatkan visitor/pengunjung blog dengan kedua cara tersebut anda juga harus mencari backlink,usahakan dalam mencari backlink carilah backlink dari situs yang berkualitas/situs yang berada diatas anda untuk memaksimalkan pengunjung anda. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel berikut Cara Meningkatkan Pengunjung/Trafik Blog Dengan Cepat

Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster
Tujuan dari mendaftarkan situs anda ke webmaster google adalah supaya situs anda lebih mudah/lebih cepat diindex oleh mesin pencari(google). Selain mendaftarkan situs anda juga harus submit url dan sitemap.Submit url yaitu dengan cara kita memasukkan url artikel kita ke webmaster supaya bisa diindex google. Submit sitemap bertujuan supaya semua artikel anda bisa diindex mesin pencari secara keseluruhan.
Lalu lebih bagus dengan cara submit url atau sitemap?
Lebih bagus dengan cara submit sitemap karena kita tidak perlu repot-repot untuk mensubmit url artikel setelah mempublikasikan artikel. Dengan submit sitemap maka seluruh artikel disitus kita akan disubmit di webmaster supaya bisa keindex semua. Baca juga : Cara Submit Sitemaps Di Google Webmaster




Menghasilkan Uang Dari Blog
Cara Belajar Ngeblog Dari Awal Sampai Menghasilkan Uang [Panduan Lengkap]
Itulah langkah-langkah pertama dalam belajar ngeblog. Jika anda sudah merasa visitor situs anda sudah bagus dan banyak maka anda bisa memonetisasi/menguangkan situs anda dengan memasang iklan. Jika situs anda dianggap layak oleh blogger maka dasbor baru akan muncul yaitu dasbor penghasilan google adsense. Jika anda ingin mendaftar google adsense dan ingin memasang iklan maka and bisa membaca artikel berikut Cara Membuat/Mendaftar Akun Google Adsense Melalui Blog
Selain dengan iklan apakah ada cara lain?
Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog/situs anda. Selain dengan memasang iklan(google adsense),ada beberapa cara lain untuk mencari uang di blog,berikut caranya :

Melakukan Review Suatu Produk
Jika visitor blog anda sudah cukup/banyak anda bisa melakukan review berbayar suatu produk. Caranya jika ada yang menggunakan jasa review anda maka anda akan dibayar sesuai kesepakatan. Bayaran untuk sekali review cukup tinggi. Caranya adalah anda hanya perlu membagikan ulasan review produk anda diartikel anda dan mempublikasikannya. Banyak blogger lokal Indonesia yang berhasil dengan membuat blog review.

Menjual E-book
Jika anda memiliki ide-ide kreatif dan juga motivasi dan cara-cara anda bisa menulis semuanya tersebut kedalam buku internet. E-book tersebut bisa anda jual,untuk harga tergantung dari isi dan kualitas ebook anda. Contoh ebook cara mendapatkan uang dari internet,dll.




Program Affiliate
Dengan melakukan program affiliate anda bisa mendapatkan uang yang banyak. Program affiliate hampir sama seperti kita memasang iklan. Program affiliate bisa membayar kita lebih tingi dari pada iklan biasa. Ada banyak situs yang menyediakan program affiliate,seperti Lazada,Bliblli.com,Bukalapak.com,dll.

Menjual Blog
Tidak pantas ditiru,kenapa kita susah-susah membangun blog tapi akhirnya dijual? Namun jika anda tidak bisa mengurus blog anda/mau pensiun dari blogger maka anda bisa mendapatkan uang dengan menjual blog anda. Ada banyak blog yang dihargai tinggi ,bisa sampai miliaran.

Itulah panduan lengkap cara belajar blog dari awal sampai akhir,sampai bisa menghasilkan. Dari cara dan langkah diatas semoga anda bisa menjadi blogger yang baik dan bisa sukses menjadi blogger. Inilah artikel terpanjang yang pernah saya buat yaitu 1000 kata. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. See you next article
 

30 comments:

  1. Lengkap tapi alangkah baiknya di pisah pisah... Dan saling berintegrasi

    ReplyDelete
  2. masih bingung sama penjelasan Program Affiliate, saya tertarik tuh sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir seperti iklan mas,tapi kita sesuaikan dengan situs yang menyediakan affiliatenya...biasanya lebih besar bayarannya

      Delete
  3. kalau cuma baca aja gampang ane gan giliran dipraketikn susahnya minta ampunn

    ReplyDelete
  4. ternyata ngeblog juga sama aja ama kerjaan lain. butuh kesabaran

    ReplyDelete
  5. saran buat yang ingin belajar wordpress self hosted
    bisa pake hosting gratis dari Hostinger

    ReplyDelete
  6. pas banget nih, saya baru buat blog

    ReplyDelete
  7. Cara mengahsilkan uangnya itu yang kadang bkin ribet,.

    ReplyDelete
  8. Mantap gan.
    Izin praktek, mau coba buat blog :)

    ReplyDelete
  9. sip sip! Kembangin terus gan!

    ReplyDelete
  10. sangat bagus ,mnambah motivasi sob

    lezatalakakilima.blogspot.com info makanan lezat dan sangat murah

    ReplyDelete
  11. blog ane belum diterima" di adsense :'(

    ReplyDelete
  12. gila mantep bener dah, komlpit banget tutorialnya, sukses selalu gan

    ReplyDelete
  13. bagus gan, tapi tanda kutip nya menurut ku kurang pas kalo buat itu

    ReplyDelete
  14. Muantaap gan artikelnya membantu

    ReplyDelete
  15. Tips menarik bang , semoga aja bisa kesampean ^_^

    ReplyDelete
  16. Mantap Gan saya juga tertarik ama adsense tapi~ Belum keterima :(

    ReplyDelete
  17. saya mengalami itu semua gan sampe manis pahit di tolak adsense

    ReplyDelete
  18. Muantaap gan artikelnya membantu :D

    ReplyDelete