Informasi Seputar Blog dan Tutorial

Cara Submit/Fetch URL Artikel Ke Google Webmaster

Cara Submit/Fetch URL Artikel Ke Google Webmaster - Mensubmit/mengumpulkan/memasukkan/mendaftarkan url artikel/postingan ke google webmaster bertujuan supaya artikel kita bisa masuk dalam pencarian di google,atau bahasa kerennya agar bisa diindex google. Jika url/artikel kita belum diindex google maka jalan satu-satunya yaitu anda aktif untuk mensubmit url. Selain submit url cara lain supaya artikel bisa diindex google adalah dengan submit sitemaps.
Lalu lebih bagus pakai cara submit url atau submit sitemaps?
Lebih bagusan submit sitemaps dibandingkan submit url,karena jika submit sitemaps maka kita tidak perlu untuk submit url setiap kita membuat artikel baru. Ketika kita sudah submit url maka artikel yang dulu kita buat dan juga artikel yang akan kita secara otomatis akan disubmit ke google untuk index. Namun kelemahan dari submit sitemaps adalah kadang-kadang ada artikel yang tidak disubmit ke webmaster. Jadi untuk lebih maksimalnya saya sarankan untuk menggunakan kedua cara tersebut,yaitu submit url dan sitemaps.

Sebelum melakukan kedua cara diatas anda terlebih dahulu harus mendaftarkan situs anda ke webmaster google. Jika sudah anda bisa langsung submit url dan sitemaps. Ok untuk submit url silakan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Submit URL Artikel  

Langkah 1
Silakan masuk  ke situs webmaster googlenya dilink berikut https://www.google.com/webmasters/ 
Lalu silakan login dan pilih situs yang akan disubmit urlnya

Langkah 2
Silakan klik Crawl → Fetch as Google ,lalu masukkan url artikel yang ingin disubmit dikotak yang ada lalu klik Fetch


Langkah 3
Silakan klik Request Indexing pada url artikel yang telah disubmit tadi, lalu klik recaptcha untuk membuktikan anda bukan robot,lalu klik Crawl Only this URL → klik GO (Lihat gambar dibawah untuk kejelasan)

Selesai url artikel anda sudah disubmit ke google webmaster,sekarang anda hanya perlu menunggu sampai artikel anda benar-benar diidex google.

Itulah tutorial cara submit url artikel ke webmaster google,semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat AS blogger. See you next artikel! 

4 comments: